Loading...
Subscribe:

FANS PAGE FB

close

Bagikan Artikel Ini

Pages

Copyright Text


Rabu, 26 Desember 2012

Jenis Ekstensi Gambar/Image



Bermacam-macam Jenis Format Pada Gambar

   Awalnya saya mencoba untuk men-desain blog saya sendiri dengan edit-edit gambar/image yang telah dibuat. Akan tetapi ketika gambar itu saya upload dan diterapkan terhadap blog saya "kenapa background gambar-nya gak transparan?", padahal waktu proses pembuatan gambarnya background saya sengaja transparant-kan. Dan hasilnya background malah berwarna putih bukannya transparant. Dan dari situ pula saya mulai mengutak-atik tentang ekstensi gambar/image. 
   Tidak lama kemudian saya mulai mengerti bahwa gambar dapat disimpan dalam banyak format, contohnya JPG, PNG, ICO, BMP, GIF, TIFF, PSD, EPS, PCX, PDF, PIC, TGA, IFF, SCT, PXR, RAW, DCS, RLE, LZW, CCIT, dll. Dan masing-masing format gambar tersebut memiliki kekurangan serta kelebihannya. Dengan demikian saya merangkum kelebihan serta kekurangan beberapa format gambar. Perhatikanlah beberapa kelebihan serta kekurangan format gambar dibawah ini:

1.JPG (Joint Photographic Group)
-Extensi : *.jpg
-Warna Maximum : 24 bit (16,7 juta warna)
-Kegunaan : Gambar Fotografis
-Keunggulan : File berukuran kecil, ideal untuk situs web dan email
-Kelemahan : Mengkompres file terlalu banyak dapat menghilangkan detail gambar
-Kesimpulan : Format yang sangat baik untuk gambar fotografi di web atau untuk mengirim email

2.PNG (Portable Network Graphic)
-Extensi : *.png
-Warna Maximum : 24 bit (16,7 juta warna)
-Kegunaan : Menampilkan object dalam halaman web/desain blog.
-Keunggulan : Latar belakang/Background transparan dengan pinggiran yang halus
-Kelemahan : Ukuran filenya besar
-Kesimpulan : Format yang dipakai untuk desain blog dengan background transparan

3.ICO (Windows Icon)
-Extensi : *.ico
-Warna Maximum : 24 bit (16,7 juta warna)
-Kegunaan : Sebagai icon pada suatu object
-Keunggulan : Latar belakang/Background transparan
-Kelemahan : Ukuran gambarnya sangat kecil (16×16, 32×32 dan 48×48)
-Kesimpulan : Format yang dipakai untuk membuat icon

4.BMP (Bitmap Image)
-Extensi : *.bmp
-Warna Maximum : 24 bit (16,7 juta warna)
-Kegunaan : Icon dan wallpaper windows
-Keunggulan : Kualitas gambar tetap
-Kelemahan : Ukuran filenya sangat besar
-Kesimpulan : Format yang dipakai untuk wallpaper windows desktop

5.GIF (Graphic Interchange Format)
-Extensi : *.gif
-Warna Maximum : 8 bit (256 warna)
-Kegunaan : Web graphics dan animasi
-Keunggulan : File berukuran kecil, transparans, animasi
-Kelemahan : Tidak cocok untuk fotografis
-Kesimpulan : Graphic Web dengan area warna flat/datar

6.TIFF (Tagged Image Format File)
-Extensi : *.tiff
-Warna Maximum : 24 bit (16,7 juta warna)
-Kegunaan : Desktop publishing/cetak dan fotografi
-Keunggulan : Dapat dikompresi dengan kualitas gambar tetap
-Kelemahan : Ukuran file besar, masalah kompabilitas
-Kesimpulan : Format untuk gambar yang lebih mengutamakan kualitas, ukuran besar tidak masalah.

Catatan:
Data format gambar/image diatas belum disajikan secara menyeluruh karena informasi yang saya dapatkan dari berbagai website dan blog juga kurang lengka. Dan mungkin postingan saya tentang ekstensi gambar/image akan berguna bagi mahasiswa atau siapa saja yang mendapatkan tugas tentang format image.

Dan terakhir jangan lupa komentar dan kritiknya, terimakasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

salam kenal sobat, artikel nya menarik nih..
mampir juga ya di blog aku,
evaanindhita.blogspot.com

Posting Komentar